YA. Diberdayakan oleh Blogger.

Menjelajahi Markas Nokia di Finlandia

Jakarta - Kantor pusat Nokia berlokasi di Espoo, Finlandia. Di sinilah vendor ponsel tersebut menyusun ide dan rencana untuk bertarung di tengah ketatnya kompetisi di pasar ponsel.

Memang Nokia di masa sekarang sudah tidak lagi sejaya dulu. Namun siapa tahu mereka bisa membalikkan keadaan dengan handset Windows Phone 8 yang baru saja diluncurkan. Tentunya dengan strategi yang disusun dari kantor pusatnya ini.

1. Nokia House

Beginilah tampak luar bangunan kantor pusat Nokia yang terletak di tepi laut. Sekitar 2.500 orang bekerja di kantor ini dan terbagi dalam berbagai macam divisi. Tentu saja termasuk Stephen Elop, sang CEO Nokia.

Bangunan ini disebut sebagai Nokia House, kadang disingkat dengan sebutan NoHo. Nokia House termasuk tempat kerja paling multinasional di Finlandia.

Tercatat, para pekerja yang ada di sana berasal dari sekitar 60 negara. Bahasa resminya adalah Inggris, namun tentu saja banyak yang mengucapkan bahasa yang lain.

2. Sauna

Beginilah suasana salah satu aula di Nokia House. Tampak di bagian luar ada tumpukan salju. Foto ini memang dijepret kala musim dingin di Finlandia.

Bekerja di musim dingin mungkin membuat para pekerja Nokia enggan keluar berlama-lama. Karenanya, fasilitas kantor yang disediakan Nokia pun cukup lengkap. Seperti sauna, kafetaria, sampai ruang senam.



3. Kafetaria

Beginilah suasana makan siang di kantor pusat Nokia. Tampak arsitektur gedungnya cukup menarik dan elegan. Makanannya pun berkualitas internasional.

Bangunan kantor pusat Nokia ini dikerjakan antara tahun 1995 sampai tahun 1997. Kemudian menjadi kantor pusat Nokia sampai saat ini.

Sempat ada isu kantor Nokia akan diipindahkan ke Amerika Serikat. Namun kemudian CEO Stephen Elop membantahnya dan menegaskan selama dirinya masih menjadi CEO, kantor pusat Nokia akan tetap di Espoo.

4. Kursi Meeting

Meeting di kantor pusat Nokia tidak melulu dilakukan di ruang tertutup. Namun juga bisa di kursi nan empuk ini. Mungkin di sinilah para pengambil kebijakan Nokia mendiskusikan langkah selanjutnya yang harus diambil untuk melawan dominasi smarthone iPhone dan tentu saja Android.

5. Galeri Ponsel

Nokia punya sejarah sangat panjang di percaturan ponsel dunia. Mereka telah mengeluarkan begitu banyak produk, terutama di masa kejayaannya di mana mereka adalah vendor ponsel terbesar di dunia.

Salah satu sudut kantor Nokia pun dihiasi dengan rak yang berisi unit ponsel apa saja yang pernah mereka luncurkan, dari dulu sampai sekarang. Tampaknya, model ponsel pada foto ini ada yang cukup familiar.

6. Tak Ada Pakaian Resmi

Beginilah suasana salah satu meja kerja karyawan Nokia. Banyak karyawan dari berbagai divisi yang bekerja di meja seperti ini, termasuk marketing, HR dan tim legal.

Kabarnya, pekerja Nokia boleh menggunakan pakaian kerja sesukanya. Jadi ada yang memakai pakaian resmi ataupun sekadar kaos berkerah. Para pekerja di bidang desain ponsel yang biasanya berpakaian paling santai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Popular Posts

Berpacu dalam Prestasi

Photobucket